Lahirnya Sebuah Med Delivery

logo fix

Kemarin tanggal 17 Oktober adalah hari ulang tahun gue.. Dan di tanggal itu juga gue launching sebuah usaha baru..

Launching nya sih ga gimana” banget.. Cukup sujud ke Allah dan mengucap Bismillahirrohmanirrohim.. Beres.. Hahahahahahahahha

Ide usaha ini muncul diotak gue udah lama sebenernya.. Tepatnya dua minggu sebelum puasa tahun 2012 kemarin..

Waktu itu seperti biasa.. Gue lagi diem pada waktu” favorit gue.. Tengah malam.. Pusing sama keadaan keuangan apotek yang makin hari makin menurun.. Gue berpikir dan terus berpikir ‘apa yang harus gue perbuat untuk memperbaiki dan meningkatkan omzet apotek sekaligus meningkatkan taraf hidup keluarga gue’.. Dan tiba” muncul sebuah ide.. Bukan ide gila sih sebenernya, tapi cukup ngebuat gue senyum” sendiri..

Ide itu adalah delivery obat.. Tapi yang dipikiran gue lebih dari sekedar nganter” obat.. Gue pengen nanti nya ini usaha bisa gede.. Bisa gue franchise-kan.. Dan bisa diaplikasikan di semua apotek di seluruh indonesia.. Gila ???.. Ya ga juga sih.. Apa sih yang ga mungkin buat Allah.. Tinggal kita memantaskan diri dan minta kepada-Nya.. Pasti dikasih.. Insya Allah

Seminggu gue pikirin ini usaha.. Dengan segala kemungkinannya.. Dengan segala hambatan plus solusi nya.. Dan akhirnya gue bicara ke suami.. Dan respon dia bagus.. Gue bicara ke nyokap.. Respon dia pun bagus.. Tapi gue ga bisa hanya menerima respon bagus dari orang” terdekat yang pasti akan selalu bilang bagus akan semua rencana gue.. Gue harus nyari orang luar yang bisa gue ajak bicara..

Tapi gue mikir siapaaaaa orang yang luar yang bisa gue ajak bicara masalah ini ide usaha..

Setelah gue pikir” akhirnya ketemu satu nama.. Temen gue dari grup shadoet.. Bram.. Dia laki”, dia pernah punya usaha sebelum jadi HRD BUMD, dia bisa diajak sharing usaha, walau sedikit ndableg dan menyebalkan.. Hahahahahahahahaha

Satu minggu sebelum puasa gue nelp bram.. 1,5 jam nelp.. Sharing masalah ini.. Dan mendapat respon positif juga.. Tuker pikiran.. dari hal teknis sampe non teknis.. Tambah kebuka pikiran gue.. Dan tambah yakin untuk memulai ini usaha..

Tapi gue tetep bimbang.. Gue mikir apa bisa jalan ini delivery dengan keadaan apotek yang obat”an nya kurang lengkap.. Karena gue takut dengan masalah stok obat apotek akhirnya gue endapkan dulu ini usaha.. Tapi otak gue ga diem.. Gue tetep mikirin jalan keluarnya.. Harus gimana agar hambatan ini ada solusinya..

Sampai satu ketika gue mengalami kejadian ga enak sama kakak tiri gue.. Ga perlu gue sebutin lah ya apa kejadiannya.. Cukup gue bilang kalo kejadian itu ngebuat gue syok dan haru berpikir extra keras untuk kelangsungan hidup apotek ini.. Gue mikiiiiirrrr terus”an sama hambatan stok obat itu.. Gue harus cari jalan keluar kalo mau ini usaha jalan.. Sampai satu titik gue dapet solusi nya.. Ada atau ga ada stok obat, delivery ini harus tetep jalan.. Kalo emang obat yang diorder ga ada di apotek gue.. Tinggal gue beli ke apotek lain.. Toh delivery ada charge nya.. Gue ga bakal rugi ini.. Malah menguntungkan apotek gue.. Orang” bakal mengira apotek gue super duper lengkap.. Semua obat ada dan tersedia.. So.. Let’s rock guys.. ┐(‘⌣’┐)(┌’⌣’)┌

Setelah gue mantap.. Gue bbm bram lagi.. Bbm gue singkat ‘logo sama flyer misah atau nyatu bayarnya ?’.. Oh iya.. Si bram ini selain bisa diajak sharing plus ndableg, dia juga jago photoshop.. Semua logo, photo, atau apapun itu yang butuh touch up-an photoshop pasti gue order ke dia.. Kenapa ? Pertama murah *bayaran gue ke dia itu pasti sekian, udah mentok sekian, dan ga bakal naik lagi*, kedua gue bisa cerewet.. Dua hal yang ga gue dapetin dari pembikin logo profesional diluar sana.. Setelah bram ngerti maksud gue, dia nyanggupin buatin logo plus flyer dan gue kasih waktu sebulan.. Karena gue mau kerja cepat tapi gue butuh waktu buat bayar dia..

Tapi dasar si bram ndableg.. Gue bilang sebulan eh malah besok pagi nya dia bbm gue lagi.. Mau cepet” nyelesain ini kerjaan.. Ndableeeegggggg dasar (˘̶̀• ̯•˘̶́)

Besok pagi nya waktu si bram bbm.. Dia nanya ‘nama usaha nya apa ?’.. Gue bales ‘ga tau’.. Lalu dia bbm lagi ‘jam layanan delivery nya mau office hour atau sampe jam 9 malem ?’.. Dan gue bales ‘ga tau, tapi yang pasti lebih dari office hour tapi ga sampe jam 9 malem juga’.. Dan dia bales ‘laaahhh, mau usaha masih ga tau ya udah lo pikirin dulu deh, gue buat format flyer dulu’.. Lalu gue jawab ‘oke’..

Itu dia bbm bener” pagi.. Jam 8:30.. Kayaknya tu anak baru sampe kantor langsung bbm gue buat ngomongin logo plus flyer.. Dan ternyataaaaaaa jam satu siang logo udah jadi.. Buset dah ni anak.. Perasaan gue bilang sebulan kan.. Malah dia selesain dalam waktu setengah hari.. Onyon dasar (⌣́_⌣̀)

Saat itu juga gue telp dia.. Gue masih kurang sreg sama logo yang dia buat.. Tapi itu logo udah ada nama nya.. Med Delivery.. Gue bilang ‘itu namanya harus med delivery yah ?’.. Dan dia jawab ‘ya gak juga, kalo mau lo ganti bisa, itu cuman contoh ajah’.. Tapi entah kenapa.. Gue suka itu nama.. Simple tapi langsung nyampe maksudnya..

Suka sama namanya belum bikin gue suka sama logo nya.. Ga begitu bagus gue bilang.. Seharian itu kita ngebahas logo.. Sampe akhirnya otak gue cape dan kita pending dulu ngebahas logo.. Besok dilanjutin lagi..

Besoknya bram tugas keluar kantor.. Pembahasan logo pending.. Lusa nya bram lagi” tugas keluar kantor dan pembahasan logo pending lagi.. Akhirnya di hari ketiga dia available untuk ngebahas logo.. Langsung gue telp dan kita ngebahas logo dari siang sampe sore.. Dan diakhir hari itu logo beres dan flyer pun beres.. Target sebulan diselesain dalam waktu 4 hari.. What the hell.. (¬_¬”)

Tapi ternyata logo dan flyer masih banyak kekurangannya.. Dari logo yang pengen dibalik ngebutnya, warna yang harus di touch up, informasi contact yang harus di sempurnakan, besaran image yang harus dibetulkan, sampe penulisan ‘apotik’ yang salah, harusnya ‘apotek’.. Ga kehitung berapa banyak send picture yang bram kirim via bbm.. Dan ga kehitung berapa jam yang gue abisin buat nelp dia..

Tapi semua itu worth it !!! Akhirnya logo jadi !!! Flyer pun jadi !!! Dan bram punya andil besar dalam pemilihan nama Med Delivery yang ga gue rubah dan sekarang menjadi trade mark usaha gue..

Thank’s Bramasta Yudha Kusuma.. Walau lo ndableg dan menyebalkan.. Tapi otak lo encer juga.. Hahahahahaha

Setelah semua jadi.. Gue merasa begitu bersemangat.. Seperti abis ngelahirin anak pertama.. Ini usaha gue.. Usaha ini harus berhasil.. Ga perduli mau gimana ke depannya.. Ga perduli mau sebanyak apapun tantangan dan hambatannya.. Ini usaha harus jalan dan harus berhasil..

Akhirnya kemarin tanggal 17 Oktober.. Gue bersimpuh di hadapan Allah.. Gue bersujud kepada-Nya.. Gue meminta bantuan dan berkah-Nya agar usaha ini berhasil..

Bismillahirrohmanirrohim

Med Delivery sudah lahir

Waktunya gue berusaha mati”an untuk usaha gue ini

Waktunya gue fokus

Waktunya gue berjuang untuk apotek dan keluarga gue

Do’ain gue bloggers.. I need that pray more than everyting

Allah I need your blessings.. Give me your blessings..

Amin

Posted with WordPress for BlackBerry.

1 Comment

  1. Ryadi

    Teh,

    Ga kebanyakan bisnisnya?
    Pepes nasi kumaha? Masih lancar?

    HtrNhn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: