Warna Warni Lebaran

Sebulan penuh yak kita puasa atau dalam kondisi tahun ini 29 hari.. Dan akhirnya tibalah waktu idul fitri atau lebaran..

Idul Fitri atau Lebaran pasti di rayakan oleh semua umat yang beragama Islam.. Kalo ada yang ga merayakan patut dipertanyakan keislamannya..

Merayakan nya disini dalam semua konteks loh ya.. Yang mudik ataupun ga mudik pasti merayakan lebaran.. Yang punya baju baru ataupun enggak pasti merayakan lebaran.. Yang masak gule ataupun hanya indomie rebus pasti merayakan lebaran.. Dan yang sholat ied ataupun enggak -dalam konteks gue.. Ga sholat ied.. ketiduran gara-gara baru pulang jam 4 subuh abis nganter si bibi ke panjalu- pasti merayakan lebaran juga..

Sebenernya lebaran itu penuh warna warni nya..

Dari awal ramadhan aja kita sudah dihadapkan pada warna warni kehidupan beragama.. Dimana pemerintah dan muhammadiyah berbeda dalam menentukan awal ramadhan.. Muhammadiyah lebih dulu berpuasa sebelum penetapan pemerintah.. Yah walaupun beda kita tetap satu kok.. Sama” umat nabi muhammad.. Perbedaan pendapat jangan dijadiin alasan buat pecah..

Pertengahan ramadhan mulai keluar lagi warna warni nya.. Pada mulai seneng dapet THR *ada yang di tabung buat naik haji*.. Mulai cari” baju baru *ada yang ga beli baju baru katanya baju lama masih bagus*.. Mulai pesen atau bikin kue lebaran.. Mulai bersih” rumah buat menyambut keluarga dan tamu silaturahmi nanti

10 hari terakhir ramadhan warna warni lebih jelas.. Ada yang serius I’tikaf di mesjid buat dapetin lailatul qodar.. Ada yang servis mobil buat persiapan mudik.. Dan ada juga yang masih usaha buat ngejar setoran *ini gue banget*

2 hari sebelum lebaran warna warni lebaran hampir mencapai puncaknya.. udah pada repot beli” bahan masakan.. Ada yang beli bahan buat bikin gule, opor, ketupat, dsb.. Ada yang beli bahan buat bikin kue basah.. Dan buat kasus temen gue beli indomie rebus sekardus, karena buat dia lebaran itu jangan masak berlebihan, cukup sama indomie rebus kari plus telor tambah rajangan cabe rawit.. Cukup katanya.. Yah whatever lah.. Ga ngurusin ┐(´_`)┌

Tapi sebenernya warna warni lebaran itu dimulai pas pembantu mudik.. Dan pas kita sendiri mudik ke kampung halaman..

Bayangin setahun penuh ibu” rumah tangga menyerahkan kegiatan rumah tangga nya ke si bibi atau si mbok.. Lalu tiba” si bibi atau si mbok mudik.. Kebayang kan harus nyuci baju, nyuci piring, nyapu ngepel, masak, ngurus anak, dan seabreg kegiatan PRT lainnya.. Stress to the max..

Abis itu kita sendiri pun harus mudik ke kampung halaman.. Awal” seneng banget mau mudik.. Ketemu saudara dan teman” lama.. Tapi di tengah jalan bete.. Dan pas sampe kampung halaman tepar.. Ya lu bayangin ajah macet nya kayak apaan.. Bandung-Tasik yang biasanya cuma 3 jam perjalanan ini bisa sampe 10 jam.. Jakarta-Tasik yang biasanya cuma 6 jam perjalanan ini bisa sampe 15 jam.. Bahkan ada temen yang dari Jakarta ke Solo makan waktu 24 jam !!! Bayangin 24 jam alias sehari semalem di dalem mobil !!! Tepos dah pantat -__-..

Mau milih jalur utara atau selatan ke arah jawa itu bisa dipastikan macet total.. Jalur utara ga ngerti macet nya dimana.. Tapi jalur selatan itu udah pasti di daerah Nagrek sama di daerah Gentong..

Tapi anehnya nih yaaa.. Udah tau macet tapi tiap tahun pasti kepengen mudik.. Padahal di kampung halamannya juga cuma 3-5 harian.. Udah itu pada balik lagi ke Jakarta.. Dan macet lagi.. Gileeee beneeerrrr

Dan akhirnya gue bisa mengucap syukur tinggal di Tasikmalaya.. Kampung halaman gue disini.. Jadi ga perlu mudik.. Dan mertua gue di Ciamis, dan kita tau jalan” tikus jadi ke rumah mertua tetep setengah jam bebas macet.. ALHAMDULILLAH !!!

Warna warni lebaran ga berhenti sampe disitu.. Pas lebarannya yang paling penuh dengan warna warni kehidupan.. Ketemu sama keluarga besar.. Silaturahmi.. Ketawa”.. Seneng”.. Ngumpul”.. Nyekar ke makam bareng.. Jalan” kuliner bareng.. Semua kenikmatan dan kebahagiaan kumpul jadi satu.. Dan macet 10, 15, bahkan 24 jam terlupakan..

Tapi ada juga sebagian orang yang kumpul” keluarganya bikin bete plus eneg.. Kayak keluarga saudara gue.. Ya gimana ga bete plus eneg.. Kumpul” keluarganya bukan jadi ajang silaturahmi.. Tapi malah jadi ajang pamer kekayaan *untung bukan keluarga gue*.. ‘Ini tas Furla asli loh, bukan KW, harganya ajah 5 juta’.. ‘Mobil baru tuh, bayar cash 200 juta’.. ‘Besok liburan mau ke singapur, bosen sama bali’.. What the Hell !!!.. Ngedengernya ajah bikin sakit kuping, gimana yang ngerasainnya.. Sabar ya beb (⌣́_⌣̀)\(‘́⌣’̀ )

Sehabis lebaran warna warni nya masih kerasa.. Macet arus balik yang ga bisa dibilang santai.. Urusan rumah tangga karena si bibi si mbok belum datang.. Dan silaturahmi sama tetangga plus temen” kantor..

Silaturahmi sama tetangga dan temen” kantor itu pasti asik banget.. Sama tetangga langsung tuker”an oleh” dan langsung tuker”an cerita macet.. Begitu juga sama temen kantor.. Hari pertama kerja itu pasti bebas masih suasana halal bihalal.. Tuker” informasi gosip terbaru dan diakhiri dengan makan”.. Indah yak dunia.. Hahahahaha

Tapi terlepas dari semua kesusahan duniawi menghadapi lebaran.. Terlepas dari macet, PRT mudik, bahkan duit abis.. Lebaran itu saat” paling ditunggu.. Saat” paling membahagiakan.. Dan saat” penuh warna warni..

Semua senang, bahagia, kesel, eneg campur jadi satu.. Dan yang pasti lebaran itu bikin nagih.. Tahun depan walaupun kita udah tau lebaran itu kayak gimana repotnya kita tetep seneng ngejalanin semua rutinitas nya.. Bener” addicted moment banget..

Moment lebaran itu moment yang takkan terlupakan dan moment yang takkan sanggup kita hilangkan..

Mudah”an moment lebaran tahun ini indah ya bloggers.. Semoga kita bertemu lagi dengan ramadhan dan idul fitri tahun depan..

Minal Aidzin Wal Faidzin
Mohon Maaf Lahir dan Batin :*

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: